Followers

Media Berguna Bagi Yang Mau Membaca!!!!

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


Jenis-jenis Media Pembelajaran
Terdapat berbagai jenis media belajar, diantaranya :
1.         Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2.         Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3.         Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4.         Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
                        Sejalan dengan perkembangan IPTEK penggunaan media, baik yang bersifat visual, audial, projected still media maupunprojected motion media bisa dilakukan secara bersama dan serempak melalui satu alat saja yang disebut Multi Media. Contoh : dewasa ini penggunaan komputer tidak hanya bersifat projected motion media, namun dapat meramu semua jenis media yang bersifat interaktif.


Fungsi Media Pembelajaran

Media memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
1. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar – gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial.
2. Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena : (a) obyek terlalu besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu lambat; (d) obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks; (f) obyek yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik. 
3. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
4. Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
5. Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
6. Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar