Followers

Media Berguna Bagi Yang Mau Membaca!!!!

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

 Nama    : Rohman Fandi
 NPM    : 11.1.01.10.0311


PEMBELAJARAN YANG MENARIK

Bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah masih memiliki satu kewajiban yang cukup penting. Yaitu belajar dengan giat untuk menyosong masa depan mereka sendiri.
Sebenarnya belajar itu sendiri adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dengan baik dan benar, baik dengan membaca buku maupun praktik lapangan secara langsung.
Pada era globalisasi dan modern ini, marilah kita berusaha untuk belajar lebih giat. Tapi semua itu sudah dilakukan atau belum? Kita tentu sepakat jika dinyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan minat belajar makin ke depan makin berkurang. Misalnya saja sekarang ini anak di bangku sekolah yang dalam kegiatan belajar membaca dan menulis bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD semakin jarang, bahkan banyak di jumpai bahasa-bahasa gaul. Juga tidak taunya terhadap lagu-lagu daerahnya sendiri.
Jika diperhatikan, banyak hal yang mempengaruhi tingkat belajar anak pada masa sekarang ini, yaitu tingkat kemalasan/kejenuhan anak dalam belajar. Sifat malas ini muncul karna situasi anak didik pada saat belajar itu tidak adanya rasa minat berlebih pada apa yang akan dipelajarinya. Tempat yang tidak nyaman, kenyamanan saat belajar juga cukup berperan besar dalam proses belajar siswa. Jika tempat untuk belajar sangat nyaman pastinya siswa akan cepat mengerti dengan yang sedang dipelajarinya,begitu pula sebaliknya. Majunya teknologi dan komunikasi, maka tidak menutup kemungkinan semangat anak untuk belajar semakin berkurang. Hal ini disebabkan maraknya permainan-permainan  online, internet dan tayangan-tayangan televisi yang semakin beragam. Membuat anak semakin  sering bermain game-game online dan internet dibandingkan harus belajar atau membaca buku. Pengaruh teman sepermainan dan lingkungan, pengaruh lingkungan dan teman sepermainan sangat mempengaruhi tingkat kesadaran anak didik untuk menjalankan kewajibannya yaitu belajar. Jika bisa memaklumi antara sebuah hak dan kewajiban untuk seorang anak didik pasti bisa membagi waktunya antar belajar dan bermain dengan baik, begitu pula sebaliknya.
Untuk mengkristalkan pertumbuhan dan perkembangan minat anak terhadap sikap belajar yang mampu berfungsi sebagai alat komunikasi politik, budaya, serta ilmu pengetahuan dan teknologi maka perlu dilakukan tindakan-tindakan kongkret seperti: (1) pemantapan bahwasanya belajar itu penting bagi anak didik; (2) pemantapan kedudukan dan fungsi dari belajar adalah bekal untuk masa depan; (3) pemantapan usaha pembinaan belajar secara rutin; (4) pemantapan belajar sebagai jendela dunia yang bisa dilihat kapan saja; (5) pembudayaan penggunaannya dalam berbagai aspek kehidupan, baik yang berhubungan dengan pembelajaran formal dan non formal, baik resmi maupun tidak resmi, termasuk dalam dunia pengetahuan alam dan sosial, dan dunia internet.
Mungkin belajar yang menyenangkan dan memiliki kesan yang membangun motivasi anak adalah proses belajar yang cukup efektif bagi para siswa yang sulit untuk belajar.dan cara-cara belajar yang menyenangkan dan menarik diantaranya, sebagai berikut :
(1) Belajar dengan menggunakan media gambar. Ini merupakan salah satu media untuk menarik minat siswa, jika hanya dengan menggunakan media buku dan papan tulis mungkin tidak begitu bisa menarik perhatian para siswa.
(2) Memasukkan unsur nyanyian dalam menghafal pembelajaran tertentu. Dengan nyanyian dalam menghafal materi-materi pembelajaran mungkin lebih cepat melekat pada memori siswa dibandingkan dengan hanya membaca buku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar